Rabu, 22 Februari 2012

Konventer Word (doc,docx) to Image


“Aplikasi untuk mengkonversi dokumen word (.doc, docx) menjadi dokumen image (.JPEG) bahkan bisa juga untuk mengkonversi dari (*.doc, *.docx, *.docm,*.rtf, *.txt, *.fvf, *.odt, *.docm, *.wpd) menjadi PDF, Excel, HTML, JPEG, TIFF, RTF, Text, Unicode Text. Canggih bukan..? ayo simak berikut ini. Cekibrot J

Terinspirasi dari masalah yang saya alami, merangsang imajinasi dan kreatif otak ini untuk berbagi dengan teman-teman. J

Kisah ini terjadi semalam yang lalu, wahh kok jadi curhat yag J . Kebetulan saya dimintain tolong tetangga untuk ngedit plus nge-print skripsi. Singkat cerita, edit sampai pada bagian Lampiran. Lampiran dengan judul Rencana Kegiatan Harian(RKH) itu berisi tabe-tabel dengan format Lanscape dan jarak tepi yang amat sangat mepet, mungkin karena dituntntut untuk muat dalam 1 halaman.

Skenarionya, halaman RKH yang lanscape itu harus disusun dalam halaman potrait lengkap dengan no.halamn di pojok kanan atas. Tidak perlu mengubah isi dokumen RKH dijadikan Potrait, karena pasti tidak muat. Jadi intinya halaman tersebut berformat Potrait lengkap dengan No.halaman di pojok kanan atas, dengan isi dokumen berformat lanscape. Bingung g’..?

Kalau tidak perlu dikasih No.halamn sebenernya tidak masalah. Yang jadi maslah bagaimana balik tabel itu biar muat di format potrait. Berfikir ngotak atik tabel tapi tidak kunjung berhasil. Maklum, meskipun saya kuliah di jurusan komputer tapi dulu lbih berkonsentrasi dengan dunia koding dan grafis, jadi officenya terabaikan J. Dan sempat mau nyerah alias pasrah, dengan jalan pintas, di foto copy , no.halamannya ditempel. Tapi tengsin lah, saya kan anak IT, J. Dengan motivasi itu akhirnya saya meditasi (J hahhahaha kaya porang dulu aja) dan ketemu ide untuk mengkonversi dokumen (.docx) tersebut kedalam format Image (.JPEG). dan bertanyalah saya pada juru kunci dunia internet, mbah google J. Dan ketemu artikel dari negeri sebrang tentang aplikasi konventer word to jpeg yang bernama DocConventer. Untuk menguduhnya bisa klik disini. Tetapi ini versi trialnya, karena aplikasi ini berbayar, untuk yang pengen nge-crak silahkan cari sendiri cracknya dan saya tidak menganjurkan J. Untuk instalasi mudah kok, tinggal next..nex..next finish.

Untuk menjalankan aplikasi DocConventer dibutuhkan library tambahan dari Ms.Office yang bernama FileFormaConventer yang dapat di unduh geratis.

Berikut cara penggunaanya :



Pertama pastikan aplikasi tersebut sudah terinstal dalam komputer beserta Library FileFormatCOnventer dari Ms.Office.

Buka aplikasi DocConventer, berikut screenshotnya

Pilih dokumen yang akan di konversi, dengan mencar folder di sidebar sebelah kiri dn dokument akan berada di sebelah kanan. interfacenya mirip windows explorer, akan mudah di pahami jika langsung praktek. Dan ceklis dokument yang di maksud.

Kemudian pilih JPEG pada Bar Conventer to

Disitu terlihat ada PDF, Excel, HTML, TIFF, RTF, Text, Unicode Text . anda bisa eksplorasi sendiri J.
Dengan memilih JPEG pada bar conventer to, maka akan muncul windows baru tentang pengaturan lokasi penyimpanan file, jenis font, kualitas gambar, dll untuk melnjutkan proses pengkonfersian, klik start jika sudah selesai disini.

Setelah klik startt, maka proses pengkonversian akan berjalan, dan setelah selesai, akan di tampilkan windows eksplorer dimana file gambar yang telah di seting dalam windows pengaturan tadi.

Semoga bermanfaat J

1 komentar: